Hidup adalah perjudian

Sebait kalimat yang gue jadikan judul itu gue kutip dari salah satu bukunya Dewi Lestari Partikel.

Sekarang lagi gue rasain banget. Bahwa yang namanya hidup gak lebih dari perjudian. Tidak ada yang pasti, tidak ada jaminan, dan tidak ada yang abadi. Segala sesuatu bisa berubah. Dan Tuhan lah yang berhak atas segala sesuatu yang diubah tersebut.

Selama menjalani proses sakit ini, gue sudah berhenti berfikir bahwa hidup adalah mengejar. Atau dunia adalah tujuan. Gue berhenti berfikir bahwa segala hal yang terjadi di hidup gue adalah berkat usaha gue selama hidup. Tidak. Hidup itu harus selalu ada campur tangan Tuhan. Dan akan selalu begitu.

Senafsu apapun kita mencapai impian, tak akan teraih jika Tuhan belum berkehendak. Sekuat apapun kita berusaha, tak akan sampai di tempat yang dituju selama Tuhan belum mengizinkan.

Dan pelajaran yang gue ambil sekarang adalah. Nggak bisa kita bergantung dan berharap pada manusia. Karena apa yang tadi gue bilang bahwa tak ada yang pasti di dunia ini. Dan manusia pun bisa berubah. Tapi sebaliknya, kita hidup di dunia juga tidak bisa hanya memikirkan ego. Kita bukan makhluk individualis. So’ kita hidup tetap membutuhkan pertolongan orang lain. Tanpa gue sadari, Tuhan mengajarkan gue untuk tidak sombong.

It simply awesome. Bahwa tidak ada lagi tujuan gue hidup di dunia selain ingin selalu sehat, memiliki anak, dan bisa membahagiakan orang tua & suami. I don’t care with how much I get money or anything like that. I means, bukan berarti gue gak butuh uang. Gue juga manusia biasa yang butuh uang untuk kelangsungan hidup & juga bersenang-senang (gak munafik bok). Tapi itu bukan satu-satunya alasan gue menjalani hidup.

Karna gue sadar sekali. Di mata Tuhan, gue bukan apa-apa. Bukan juga siapa-siapa. Dia bisa melakukan apapun dalam rencana baiknya. No except!

Jadi, mari kita berjudi dengan halal. Dengan cara yang sehat. Dan jiwa yang cerdas. Agar kita tidak terpelosok jatuh ke lubang yang terlalu dalam. Karna kadang hidup juga begitu tidak mudahnya dialami …

Posted from WordPress for BlackBerry.

Posted from WordPress for BlackBerry.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s