Hidup …

image

Malam ini. Lagi baca bukunya Komaruddin Hidayat, Life’s journey. Tiba-tiba tergerak ingin buka blog dan mulai nulis.
Banyak kalimat yang nyentil dan bikin mikir. Bahwa perjalanan hidup adalah hidup yang sesungguhnya. Bahwa kita sebagai manusia gak bisa jauh-jauh dari yang namanya perjalanan. Segala hal yang kita lakukan di dunia adalah perjalanan. Tak peduli jaraknya pendek atau panjang.

Hidup …
Akhir-akhir ini saya sering berpikir. Banyak sekali ketakutan yang rasanya harus saya hadapi. Dari mulai masalah kehamilan ketiga yang sedang saya jalani sekarang, perencanaan kelahiran normal setelah yang pertama melalui caesar, hingga bagaimana saya mengatur waktu dalam mengurus anak pertama yang masih kecil, baby newborn, dan tetek bengek rumah tangga (suami sudah termasuk di dalamnya 😜)

Ketakutan saya terus menghantui setiap hari. Hingga saya tak sadar, sudah dihantui ketakutan saya sendiri setiap hari. Saya takut gak sanggup, takut gak bisa menghandle. Pokoknya masalah saya hanya di seputar takut yang belum terjadi. Hingga saya baca buku ini yang masih baru sampai halaman 12, saya baru sadar mungkin saya sedang lupa. Bahwa saya punya yang Maha Besar. Yang saya percaya Dia akan selalu memberi saya kekuatan dalam menghadapi ketakutan saya atau apa yang saya takutkan. Seperti kata isi buku Pak Komar. Bahwa hidup ini memang tentang perjalanan. Dan ini semua adalah bagian dari perjalanan saya.

* sebentar, nyeruput es teh manis dulu* 😅😜

Ada kalimat yang saya kutip di buku ini. ” Karena dalam kesunyian itulah terdengar suara. Hanya kepada-Nyalah segala sesuatu kembali.” -Jalaludin Rumi-
Ini jadi salah satu bahan renungan saya malam ini. Ya. Saya lupa. Alih-alih sibuk dengan ketakutan-ketakutan saya, saya lupa bahwa saya punya Tuhan. Dan hanya kepada-Nyalah segala sesuatu kembali. Di sini saya kembali belajar pasrah. Kelahiran anak kedua saya, dan apakah saya akan mampu atau tidak mengurus anak dan rumah tangga seharusnya semuanya saya serahkan pada Tuhan. Maksudnya, biar Tuhan yang mengatur. Saya hanya tinggal percaya bahwa akan selalu ada pertolongan-Nya dan yakinlah bahwa Dia akan selalu memberi kekuatan. Dengan Dia memberi saya amanah anak kedua ini, itu artinya buat Tuhan saya sanggup. Saya mampu.

Inilah yang seringkali saya lupakan. Saya terlalu sibuk dengan ketakutan dan pikiran-pikiran negatif buatan saya sendiri. Eh, jadi inget dulu pernah ada yang bilang kalo saya ini ‘penyimpul’. Selalu menyimpulkan segala sesuatu sendiri, dari buah pemikiran sendiri. Yang belum tentu benar. Hhhhffttt *menghela nafas*.

Balik lagi ke perjalanan, saya jadi flashback ke masa lalu. Saya pernah menghadapi banyak hal sulit yang lebih sulit dari ini. Dari hanya sekadar ketakutan saya. Harusnya saya bersyukur. Bahwa sekarang Tuhan sudah memberikan hidup yang lebih baik buat saya. Apalagi kalo ingat anak-anak. Saya sering tiba-tiba harus kuat, harus sehat, dan harus selalu ada untuk mereka. Karena anak pertama saya yang masih kecil, dan anak kedua yang insha Allah baru akan lahir ini butuh guide di masa-masa awal hidupnya. Dan saya sebagai ibunyalah yang harus menjadi guide mereka. Agar mereka merasa nyaman dalam hidup, dan mereka bisa melihat dunia tidak sekejam kelihatannya.

Baiklah. Lagi-lagi ini bagian dari perjalanan. Perjalanan hidup saya yang mau tidak mau harus saya hadapi. Dan harus saya jalani. Demi anak-anak dan demi suami yang rela melakukan apa saja untuk kami, anak dan istrinya. Dan saya tak perlu lelah mencari jawaban apa yang harus saya lakukan pada ketakutan-ketakutan saya ini. Karena saya hanya perlu mencari Tuhan, kembali pada-Nya. Karena hanya Dialah satu-satunya Penolong hidup saya.

And the life’s journey has begun …

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s