Yess, Im a bad Mom

Setiap hari aku lelaaahhhh. Makin lelah pas buka sosmed yang disanalah-aku-bisa-me-time-sebentar lalu liat beritanya demo lagi, caci maki lagi, saling ngejudge lagi, meme-meme penghinaan lagi. Duh, malah makin lelah 😂 #eh #ups aku gak lagi ngebahas itu 😁

Im a Mom of two, yang seharusnya jadi suatu kebanggaan karena jutaan wanita di luar sana berdoa siang malam untuk bisa jadi seorang ibu dan punya anak. Tapi, (baiklah gak akan nyalahin si hormon 😜) entah kenapa akhir-akhir ini lelahnya makin berasa. Apalagi kalo Alkha udah bikin ulah yang bikin kepala cekot-cekot. Mungkin karna dia kelewat aktif dan gak bisa diem, jadi semua hal dia coba. Lalu bersanding dengan aku yang lagi dalam kondisi gak sabaran sambil ngurus bayik yang kalo ngantuk suka nangis jenger. Akhirnya terjadilah perang di rumah.

Gak mau. Aku juga gak mau marah-marah sama anak tiap hari. Dan sialnya, habis marah-marah aku selalu nyesel. Makanya aku makin sering minta maaf sama anak sendiri. Tapi gimana ya, aku manusia biasa yang selalu belajar sabar walo seringnya gagal 😂 dan sometime, justru kepikiran ibu-ibu atau wanita-wanita menikah tanpa anak yang punya banyak waktu luang tanpa harus diganggu sama rengekan atau tangisan anak. Aku tahu ini jahat. Aku gak bersyukur. Dan seolah-olah Tuhan yang udah ngatur hidup aku itu hanya sebuah ‘pajangan’ semata. Walopun temenku pernah bilang, kalo Tuhan udah kasih hidup kamu yang seperti ini artinya Tuhan tahu kamu bisa. Walopun seringnya mah aku ngeluh dan bilang gak bisa.

Aku juga capek ngeluh terus, marah-marah terus, uring-uringan terus. Hanya karna lelaaaahhhh. Mana si orok udah beranjak gede yang sebentar lagi akan semakin musingin karna dia udah bisa mengeksplor apapun yang ada di sekitarnya. Ditambah kakaknya yang super aktif itu, tapi walau gimana pun juga aku harus menerima. Ini hidupku, yang udab Tuhan atur sedemikian rupa dengan rapinya. Dan aku gak bisa lari ke mana-mana.

Kalau Pak Suami hendak pergi kerja, tiba-tiba aku ngerasa takut. Takut ditinggal sendiri hanya dengan 2 batita di rumah. Seolah-olah mereka teror yang mengerikan. Karna mau ngatur waktu pup sama makan aja harus liat kondisi dulu. Mana dulu yang kira-kira bisa ditinggal. Kakaknya atau adeknya. Atau waktu aku lagi riweuh sama si orok, Alkha ngerengek minta makan atau minta cebok karna dia pup. Duh, Gustiiii. Kalo aku gak kabur sejenak ke sosmed (yang sayangnya akhir-akhir ini udah gak bersahabat) dan ke buku mungkin aku udah gila. Ini aja aku nulis semua unek-unek sengaja, biar otak aku tetep waras. Dan mudah-mudahan si otak gak ngebul 😂

Tapi aku sadar, kalo mikirin kesusahan sendiri setiap hari aku egois. Emang aku pikir aku doank yang hidup susah? Lagian hidup susah atau nggak kan relatif. Tergantung respon dan reaksi kita saat menghadapi sesuatu. Walopun aku juga gak berhenti berusaha untuk sabar untuk bisa mengendalikan emosi setiap hari. Aku juga berdoa sama Tuhan untuk selalu dikasih kesabaran, dan mungkin Tuhan mengabulkan doaku dengan cara ngasih ujian tiap hari lewat anakku. Karna dengan cara itulah aku bisa belajar sabar.

Im a bad Mom. Karna gak bisa jadi ibu yang lembut buat anak-anak. Aku mengutuk diriku setiap hari. Untuk segala kesalahanku sama anak-anakku. Tapi percayalah, aku bener-bener berusaha. Berusaha untuk bisa mengendalikan emosi sama anak-anakku khususnya Alkha yang udah lebih ngerti. Mungkin nanti, entah kapan aku bisa jadi ibu yang sabar. Aku percaya Tuhan selalu menolongku setiap hari. Walaupun selalu ada moment di mana aku kelewat emosi sama anak sampai melakukan hal yang bodoh. Dan itu sangat memalukan karna anakku melihat contoh yang buruk bukan dari dunia luar, tapi dari ibunya sendiri. Tapi, percayalah. Percayalah aku selalu berusaha. Walaupun memang sangat sulit. Tapi, terlihat sulit itu bukannya gak bisa kan?

Advertisements

One thought on “Yess, Im a bad Mom

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s